Pengusaha harus tangguh dan bermental baja

Pengusaha tangguh – Ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, tentu akan banyak sekali tantangan dan rintangan yang akan dihadapi didepan sana. Maka dari itu, seorang pengusaha wajib memiliki mental baja yang kuat dan tahan banting karena tak jarang akan gagal dan jatuh. Jika seorang pengusaha memiliki mental yang sangat lemah, maka bisa dipastikan ia akan sangat mudah menyerah dan akan frustasi apabila bisnis atau usaha yang dijalankannya gagal, jatuh dan tidak sesuai dengan harapan.

Ketika ekspetasi tidak sesuai dengan realita atau kenyataan, yang terjadi adalah akan berkurangnya rasa semangat dan motivasi dari dalam diri atau bahkan sampai dititik ingin menyerah dan berhenti saja untuk menjadi seorang pengusaha.

Berbeda halnya jika seorang pengusaha sudah memiliki mental baja yang kuat, maka ia akan terus bersemangat untuk berjuang dengan sepenuh tenaga walaupun rintangan dan tantangan yang dihadapinya sangat rumit dan berat.

Jadi, mental baja yang kuat tentu merupakan salah satu sebuah pondasi yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Selain itu, adapun beberapa sikap lain yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha sebelum memulai suatu bisnis, diantaranya:

1.Meluruskan Niat

Sebelum memulai untuk menjadi seorang pengusaha, harus diluruskan dulu niatnya. Untuk apasih menjadi seorang pengusaha? Kebanyakan orang memilih menjadi seorang pengusaha karena ingin bermanfaat bagi orang banyak.

Nah, jika niatnya sudah lurus maka ketika akan memulai pun pasti tidak akan sembarang dalam memilih suatu bisnis atau usaha. Yang jelas wajib dan harus halal, namun selain halal, bisnis juga harus yang bermanfaat agar kita mendapat berkahnya. Jadi, bisnis bukan hanya sekedar mengejar untung dan uang saja, tapi juga harus berkah.

2.Berani

Seorang pengusaha harus berani. Jangan takut untuk memulai, jangan takut untuk mencoba, jangan takut gagal dan jangan takut mengambil resiko. Karena semua pasti ada resikonya.

  1. Mau Belajar

Ketika sedang diajarkan dan diarahkan oleh mentor atau dosen, harus menjadi gelas kosong. Harus terus mau belajar dari kesalahan. Biasanya, dibalik kesalahan yang dilakukan pasti ada polanya dan kita bisa belajar untuk lebih baik kedepannya dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. Konsisten

Banyak bisnis yang menggiurkan diluar sana. Namun dalam menjalankan suatu bisnis harus konsisten dan istiqomah. Jangan gunta ganti bisnis.  Memang berat untuk konsisten disuatu bisnis, amat sangat dibutuhkan sebuah kesabaran yang penuh. Apabila kamu menjalankan suatu bisnis dengan konsisten dan istiqomah insyaAllah hasilnya pun akan memuaskan walaupun tidak langsung terlihat. Semua butuh proses, bukan?

  1. Harus Optimis, Dilarang Pesimis

Jika seorang pengusaha memiliki rasa pesimis, maka yang terjadi adalah akan bermunculan rasa ragu-ragu untuk memulai suatu bisnis. Kalau takut untuk memulai, lalu kapan suksesnya?

“Apa yang kamu pikirkan, itulah yang terjadi” ketika kamu berpikir yang baik-baik, maka yang terjadi juga akan yang baik-baik. Ketika kamu  berpikir akan sukses dan berhasil insyaAllah yang terjadi adalah akan berhasil. Jika kamu berpikir akan gagal, ya itulah yang akan terjadi.

Jadi, seorang pengusaha harus selalu optimis dan harus positif thingking apapun keadaannya, keadaan saat senang bahkan keadaan susah sekalipun.

  1. Pintar dalam melihat peluang

Bisnis atau usaha ternyata  bisa lho tanpa modal. Bisa apabila kamu pintar dalam melihat peluang. Ternyata banyak pengusaha besar diluar sana yang memulai bisnisnya pun tanpa modal.

 

  • Semoga bermanfaat, selamat berjuang para pengusaha tangguh!

 

Leave a Reply