Sejarah Bakso Sebagai Makanan Khas Malang

Waralaba Bakso Malang – Padang terkenal dengan hidangan rendang, Yogyakarta terkenal dengan gudeg, dan Palembang terkenal dengan pempek. Maka kota Malang terkenal dengan salah satu jenis kulinernya yaitu Bakso Malang.

Di luar kota Malang, Bakso Malang disebut dengan nama Bakwan Malang. Berbeda dengan bakso pada umumnya yang biasanya berisi campuran bakso halus atau bakso urat dan mi kuning atau mi putih, Bakwan Malang memiliki pilihan isian seperti bakso halus, bakso urat, bakso goreng, bakwan rebus, pangsit goreng, dan tahu rebus. Sementara kuahnya merupakan kaldu hasil rebusan tulang-tulang dan sum-sum sapi yang membuat rasanya menjadi lebih gurih, segar, dan menambah kelezatan. Tidak ketinggalan, taburan bawang goreng dan daun bawang ikut menebar aroma harum yang menggugah selera.

Dalam perkembangannya, isian Bakwan Malang semakin bertambah dengan adanya adonan daging yang dibungkus dengan kulit pangsit yang kemudian digoreng seperti risoles. Baksonya juga ada yang digoreng. Isian Bakwan Malang memang tergantung pilihan pembeli. Sebagai pelengkap, bisa ditambah dengan mi atau bihun, saus cabai, saus tomat, dan kecap.

Anda pasti sering sekali menikmati salah satu makanan khas Indonesia, khususnya Malang yang berasal dari olahan daging bernama bakso. Dengan kenyalnya pentol dan gurihnya kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri sering membuat kita rindu.

Banyak sekali variasi bakso yang dapat Anda nikmati di Malang, mulai dari bakso yang di gerobak sampai yang ada di restoran. Untuk yang di restoran di antaranya ada: Bakso President, Bakso Cak Man, Bakso Horeg, Bakso Damas, Bakso Dong, Bakso Bakar Pahlawan Trip, Bakso Solo, Bakso Cak Kar dan masih banyak tempat makan bakso yang harus Anda coba satu persatu karena setiap tempat memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Ada yang unik dengan gorengannya yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Tapi tahukah Anda bahwa bakso ternyata berakar dari seni kuliner Tionghoa? Ternyata nama bakso berasal dari kata ‘Bak-So’ yang dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Namun dahulu orang Tionghoa tidak menggunakna daging sapi dalam olahannya, Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan dan bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang yang disajikan dengan kuah melimpah.

Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, ada seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo dan Ibunya tinggal bersama hingga Meng Bo tumbuh besar dan Ibunya menua. Saat Ibunya semakin menua, ia tak bisa lagi mengkonsumsi daging karena terlalu keras untuknya. Namun Meng Bo mencari cara agar Ibunya bisa makan daging lagi.

Di saat yang sama ketika Meng Bo sedang mencari ide, ia melihat kue yang bernama mochi. Dari sana lah Meng Bo mengolah daging berbentuk bulat. Sejak saat itu lah Ibu Meng Bo bisa menikmati daging lagi dengan rasa yang tidak kalah nikmatnya dengan daging biasa.

Selain bakso memiliki sejarah yang begitu unik dan menarik, tentu dari segi kesehatan juga memiliki kandungan gizi.  Di dalamnya terdapat 190 kilokalori, protein 10,3 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 6,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 6,75 miligram.  Selain itu di dalam Bakso juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 4 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 250 gram Bakso, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100%.

Selain itu untuk kesehatan Anda pun juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi bakso. Bahkan menurut BPOM bakso menjadi salah satu menu yang dianggap berbahaya karena banyak bakso yang mengandung boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Selain itu bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang berkemungkinan besar tercemar oleh bakteri, di antaranya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab penyakit tifus. Oleh karena itu pilihlah bakso yang sedang direbus untuk menghindari bakteri tersebut.

 

Baca Juga : Waralaba Bakso Cak Masrur

 

Apa Anda yakin ingin membuka usaha bakso sendiri tanpa pengalaman?

  • Tidak Tahu bikin BAKSO MALANG ENAK?
  • Tidak Tahu Cara MENGHITUNG ANALISA BISNIS USAHA BAKSO secara CEPAT DAN BENAR?
  • Tidak Tahu APA SAJA PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN untuk membuka usaha bakso?
  • Tidak Tahu mencari MEREKUT TIM YANG kompoten?
  • Tidak Tahu Cara USAHA BAKSO MALANG sukses dan benar?
  • Tidak Tahu Cara PEMASARAN USAHA BAKSO yang BENAR-BENAR MENGUNTUNGKAN?
  • Tidak Tahu Cara MENYUSUN SOP USAHA BAKSO MALANG dengan TEPAT?
  • Ingin Waralaba, tapi Biaya Membuka Waralaba bakso MAHAL?

 

Tentang Bakso Cak Masrur

Bakso asli malang yang pusatnya ada di Kota Jogja Kami hadir sudah lama dan kami memiliki Aneka menu : Bakso Halus, Bakso Urat, Bakso Ayam, Siomay Bakso, Mie ayam, Aneka pangsit goreng dan Minuman.
Tidak ada pengawet sama sekali dan mengunakan daging Sapi. untuk Soal Harga Paket Bakso mulai dari 10 Ribu.
Jika Anda bergabung Waralaba Bakso Cak masrur Kami akan Support Anda untuk mendapatkan berhasil balik Modal dan menjadi Pengusaha sukses nantinya….
Bakso Cak Masrur sudah memiliki mitra di indonesia ada 43 lebih dan mereka mewujudkan wirausaha dan Kami memperhatikan kualitas pada Produk Bakso Cak Masrur dan harga cukup terjangkau untuk para konsumen.

 

Inovasi Menu Baru dan Menjaga Rasa Tetap Enak

Waralaba Bakso Cak Masrur Kami akan konsisten menjaga rasa enak dan gurih Bakso asli dari kota malang Kami berikan garansi jika Produk Kami Mengecewakan, dan dapatkan Traning pembuatan menu bakso dan mie ayam, Kami bantu Promosi dari Sosial Media, dan media promosi seperti Brosur dan banner.
Kami berikan support seumur hidup, Tanpa adanya bagi hasil, cepat balik modal dan mudah dijalankan.

 

Kelebihan bakso Cak Masrur

1.Kami Banyak varian menu bakso.

2.Bisa menjual bakso bijian.

3.Tidak ada Bagi hasil / Royaltiy.

4.pengalaman sudah hampir 15 tahun.

5.Bisa mengunakan brand sendiri.

6.Support seumur hidup.

7.Mie ayam dan Bakso bikin sendiri lebih fresh kecuali bumbu kuah yang beli di pusat.

8.Brand sudah terdaftar HAKI.

 

MITRA BAKSO CAK MASRUR

Garansi:

1. Jika ada yg lbh murah dr tempat kami dg kualitas yg sama akan kami ganti selisihnya 2x lipat.
2. Jika rasa dan kualitas produk kami mengecewakan, uang akan kami kembalikan.
Resep asli dr bakso ternama di kota malang yang sudah banyak cabangnya.

 

Info Lebih Lanjut:

Hp : 0851-0686-1155

Email : cakmasrur13@gmail.com

Alamat : Jalan Polri Istimewa No.6 Timoho Jogja

Incoming search terms:

  • sejarah bakwan malang

Leave a Reply